Tentang Kita

Informasi Seputar Masalah Penyakit Wanita dan Solusinya |
Obat Keputihan Alami | CRYSTAL X
Ampuh dan Teruji Mencegah dan Mengobati Keputihan | Cegah Kista | Bau Tak Sedap | Becek dan Penyakit Kewanitaan lainnya | Kontak Ibu Neny(Crystal X Center)WA : 081326350313 | BB:5799B7F9

Kamis, 25 September 2014

solie

Vulvitis (Radang Luar Vagina)

Vulvitis atau Radang Luar Vagina adalah peradangan dari organ-organ kelamin bagian luar dari perempuan (vulva). Vulva termasuk labia, klitoris, dan pintu masuk ke vagina. Radang luar vagina seperti vaginitis, mungkin dikarenakan oleh sejumlah infeksiyang berbeda. Karena vulva juga sering meradang ketika ada peradangan dari vagina.

Gejala

Gejala-gejala yang paling umum dari radang luar vagina adalah gatal pada area vulva. Gejala-gejala lain adalah:
- Rasa terbakar dan sakit
- Nyeri selama hubungan seksual
- Nyeri saat buang air kecil
- Keluarnya cairan vagina (vaginal discharge) dengan warna keputih-putihan dan tekstur tebal seperti cottage cheese (keju lembut).

Penyebab

Vulvitis lebih banyak disebabkan oleh alergi (sabun, tisu, toilet, sabun cuci, pembalut, parfum vagina, atau bak mandi).Selain itu, vulvitis juga bisa disebabkan oleh infeksi fungi dan bakteri.

Virus terjadi misalnya ketika ada peningkatan bakteri yang normal dan melindungi area vagina di hapus oleh antibiotik-antibiotik (diminum untuk merawat infeksi saluran kencing, pernapasan, dan penyakit lain) atau oleh obat-obat penekan imun (immunosuppressive drugs). Bakteri buruk dapat berlipat ganda, menyerang jaringan-jaringan, dan menyebabkan iritasi dari lapisan vagina (vaginitis), begitu pula vulva.

vulvitis dapat juga terjadi sebagai akibat dari luka pada vagina bagian dalam, seperti setelah kemoterapi. Kondisi-kondisi lain yang mungkin mengembangkan infeksi termasuk diabetes melitus, kehamilan, dan pemakaian obat-obat kontrasepsi oral. Penggunaan spray kesehatan vagina yang diberi minyak wangi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya vulvitis.

Pencegahan

- Selalu menjaga kebersihan diri dan wilayah genital.
- Menggunakan pakaian dalam yang bersih dan kering.
- Tidak berganti-ganti pasangan atau setia pada pasangan hidup.
- Mengonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan pola hidup yang sehat.
- Memperkuat daya tahan tubuh.

Pengobatan

Vulvitis bisa dirawat dengan obat-obat antijamur yang diaplikasikan secara topikal di vagina ataupun sekitarnya, atau dengan obat-obat antijamur yang diminum. Beberapa krim antijamur yang bisa digunakan adalah butokonazol, klotrimazol, mikonazol, terkonazol. Sedangkan obat-obat berupa tablet yang diminum misalnya klotrimazol, mikonazol, terkonazol, nistatin.

Catatan Khusus

Ada sejumlah perempuan yang mengalami vulvitis karena reaksi alergi terhadap pembalut. Oleh karena itu, seharusnya setiap perempuan memerhatikan kesehatan organ kewanitaanya, terutama perawatan saat menstruasi. Gunakan pembalut yang berbahan aman dan tidak menimbulkan iritasi atau alergi. Celana dalam juga harus dipilih yang berbahan katun supaya mudah menyerap keringat. Hindari pemakaian celana yang ketat karena akan membuat sirkulasi udara daerah kewanitaan menjadi tidak lancar sehingga berpotensi menjadi sarang kuman.
Demikian sedikit informasi tentang Vulvitis atau Radang Luar Vagina yang perlu perhatian sis dan bunda sekalian.

solie

About solie -

Siap Melayani Konsultasi Masalah Kewanitaan SMS:0896.1665.14102 | 0813.2635.0313 | WA:081215499213 | BB:5799B7F9

Subscribe to this Blog via Email :

Baca Juga