Tentang Kita

Informasi Seputar Masalah Penyakit Wanita dan Solusinya |
Obat Keputihan Alami | CRYSTAL X
Ampuh dan Teruji Mencegah dan Mengobati Keputihan | Cegah Kista | Bau Tak Sedap | Becek dan Penyakit Kewanitaan lainnya | Kontak Ibu Neny(Crystal X Center)WA : 081326350313 | BB:5799B7F9

Minggu, 05 Juni 2016

solie

Fase-fase dalam Siklus Menstruasi

Setiap satu siklus menstruasi terdapat empat fase perubahan yang terjadi pada uterus.Fase-fase ini merupakan hasil kerja sama yang terkoordinasi antara hipofisis anterior,ovarium dan uterus.

Fase-fase tersebut adalah :

A.Fase menstruasi atau deskuamasi.
Pada fase ini ,endomeetrium terlepas dari dinding uterus dengan disertai pendarahan dan lapisan yang masih utuh hanya stratum basale.Fase ini berlangsung selama 3-4 hari.

B.Fase pascamenstruasi atau fase regenerasi.
Pada fase ini,terjadi penyembuhan luka akibat lepasnya endometrium.Kondisi ini mulai sejak fase menstruasi terjadi dan berlangsung selama kurang lebih 14 hari.

C.Fase intermenstum  atau fase proliferasi.
Setelah luka sembuh,akan terjadi penebalan pada endometrium sebesar kurang lebih 3,5 mm.Fase ini berlangsung dari hari ke 5 sampai hari ke 14 dari siklus menstruasi.

Fase proliferasi dibagi menjadi 3 tahap,yaitu:
1.Fase proliferasi dini.Fase ini terjadi pada hari ke-4 sampai hari ke-7.Fase ini dapat dikenali dari epitel permukaan yang tipis dan adanya regenerasi epitel.
2.Fase proliferasi madya.Fase ini terjadi pada hari ke-8 sampai hari ke-10.Fase ini merupakan bentuk transisi dan dapat dikenali dari epitel permukaan yang berbentuk torak yang tinggi.
3.Fase proliferasi akhir.Fase ini berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-14.Fase ini dapat dikenali dari permukaan yang tidak rata dan dijumpai banyaknya mitosis.

D.Fase pramenstruasi atau fase sekresi.
Fase ini berlangsung dari hari ke-14 sampai ke-28,pada fase ini endometrium kira-kira tetap tebalnya,tetapi bentuk kelenjar berubah menjadi panjang berkelok-kelok dan mengeluarkan getah yang makin lama makin nyata.Bagian dalam sel endometrium terdapat glikogen dan kapur yang diperlukan sebagai bahan makanan untuk telur yang dibuahi.

Fase sekresi dibagi dalam 2 tahap,yaitu:
1.Fase sekresi dini.Pada fase ini endometrium lebih tipis dari fase sebelumnya karena kehilangan cairan.
2.Fase sekresi lanjut.Pada fase ini kelenjar dalam endometrium berkembang dan menjadi lebih berkelok-kelok dan sekresi mulai mengeluarkan getah yang mengandung glikogen dan lemak.Pada akhir masa ini,stroma endometrium berubah ke arah sel-sel,desidua,terutama yang ada di seputar pembuluh-pembuluh arterial.Keadaan ini memudahkan terjadinya nidasi. 







solie

About solie -

Siap Melayani Konsultasi Masalah Kewanitaan SMS:0896.1665.14102 | 0813.2635.0313 | WA:081215499213 | BB:5799B7F9

Subscribe to this Blog via Email :

Baca Juga