Tentang Kita

Informasi Seputar Masalah Penyakit Wanita dan Solusinya |
Obat Keputihan Alami | CRYSTAL X
Ampuh dan Teruji Mencegah dan Mengobati Keputihan | Cegah Kista | Bau Tak Sedap | Becek dan Penyakit Kewanitaan lainnya | Kontak Ibu Neny(Crystal X Center)WA : 081326350313 | BB:5799B7F9

Minggu, 05 Juni 2016

solie

Mendeteksi Kanker Serviks dengan Pap Smear

Cara pendeteksian kanker leher rahim dengan pap smear memang sangatlah dianjurkan.Sebab dengan ini kita mengetahui bagaimana keadaan kita,pada tingkat berapa stadium kita.Banyak dari kita yang memeriksakan diri ke dokter untuk pengujian pap smear.

Mendeteksi kanker dengan pap smear dianjurkan semua wanita yang berseksualitas aktif.Dan pemeriksaannya hendaknya secara teratur.Pemeriksaan pap smear untuk pertama kali harus dilakukan segera setelah wanita tersebut mulai melakukan hubungan seksual.Setelah itu harus ada pengulangan pemeriksaan setelah 1 tahun.Mengapa harus melakukan pemeriksaan lagi?Karena sel-sel abnormal dapat terluput dari sekali pemeriksaan.Jika tidak didapati kelainan pada salah satu hasil pemeriksaan pap smear,pemeriksaan akan diulang.Hal ini dilakukan secara teratur dengan interval sekurang-kurangnya 2 tahun

1.Apa yang Dimaksud dengan Tes Pap Smear?

   Pemeriksaan pap smear merupakan suatu test yang aman dan murah.Telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim.Terjadinya kanker serviks ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang abnormal,tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker.

Pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal sebelum berubah menjadi sel kanker.Sel-sel abnormal tersebut dapat dideteksi dengan 'pap smear test'sehingga semakin awal sel-sel abnormal terdeteksi maka makin rendah juga resiko seseorang menderita kanker leher rahim.

Test pap smear juga bisa diartikan sebagai pemerksaan epitel porsio dn endoserviks uteri untuk pemantauan adanya perubahan diporsio atau serviks pada tingkat pra ganas dnn ganas,Dengan begitu tenaga kesehatan sangat berperan penting dalam memberikan Komunikasi Informasi Edukasi(KIE).

Pemberian informasi ini ditujukan pada wanita usia subur dengan menganjurkan melakukan pemeriksaan Pap Smear secara teratur.Pasien dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi seimbang,istirahat cukup ,menjaga kebersihan terutama daerah genetalia.Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan resiko timbulnya kanker leher rahim.Pemeriksaan 'pap smear test' dilakukan di:
- Rumah Sakit Pemerintah
- Rumah Sakit Swasta
- Laboratorium swasta,dengan harga yang cukup terjangkau
- dan tempat-tempat yang menyediakan fasilitas pap smear.

Bila hasil pada pasien Pap SmearTest ternyata positif,maka harus dilanjutkan dengan pemeriksaan biopsy terarah dan patologi.Pap smear sudah dapat menemukan kanker leher rahim.Meskipun masih ada tingkat pra kanker (stadium dini).Dengan pemeriksaan ini bisa memberikan harapan kesembuhan 100%.Sebaliknya pada penderita yang datang terlambat,harapan untuk sembuh pun terlalu sulit

2.Tujuan Tes Pap Smear

Tujuan dari pap smear adalah:
- mencoba menemukan sel-sel yang tidak normal dan dapat berkembang menjadi kanker serviks
- alat utk mendeteksi adanya gejala pra kanker leher rahim bagi seseorang yg belum menderia kanker
- untuk mengetahui kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel kanker leher rahim
- mengetahui tingkat berapa keganasan serviks

3.Wanita yang Dianjurkan tes Pap Smear

Wanita yang dianjurkan untuk melakukan tes pap smear biasanya mereka yang tinggi aktivitas seksualnya.Namun tidak menjadi kemungkinan juga wanita yang tidak mengalami aktivitas seksualnya memeriksakan diri.
Berikut ini adalah wanita-wanita sasaran tes pap smear:
- Setiap 6-12 bulan untuk wanita yang berusia muda sudah menikah atau belum namun aktivitas seksualnya sangat tinggi.
- Setiap 6-12 bulan untuk wanita yang berganti-ganti pasangan  seksual atau pernah menderita infeksi HPV atau kutil kelamin.
-Setiap tahun untuk wanita yang berusia diatas 35 tahun
-Setiap tahun untuk wanita yang memakai pil KB
-Setiap 2-3 tahun untuk wanita yang   berusia diatas 35 tahun
-Pap test setahun sekali bagi wanita antara umur 40-60 tahun dan juga bagi wanita di bawah 20 tahun yang seksual aktif
-Sesudah 2x pap test dengan interval 3 tahun dengan catatan bahwa wanita resiko tinggi harus lebih sering menjalankan pap test.
-Sesering mungkin jika hasil pap smear menunjukkan abnormal .Sesering mungkin setelah penilaian dan pengobatan prakanker maupun kanker serviks

4.Syarat Pendeteksian Pap Smear  

Jika kita ingin melakukan tes pap smear memang harus memperhatikan beberapa hal penting.Hal-hal penting itu adalah sebagai berikut:
- Waktu pengambilan sebaiknya memperhatikan waktu menstruasi anda.Yakni pengambilan dimulai minimal 2 minggu setelah dan sebelum menstruasi berikutnya
- Pasien harus memberikan sejujur-jujurnya kepada petugas mengenai aktivitas seksualnya dan riwayat kesehatan yang pernah dideritanya.
- Hindarilah hubungan intim yang tidak boleh dilakukan dalam waktu 24 jam sebelum pengambilan bahan pemeriksaan
- Pembilasan vagina dengan bermacam-macam cairan kimia tidak boleh dikerjakan dalam 24 jam sebelumnya.
- Hindari pemakaian obat-obatan yang tidak menunjang pemeriksaan pap smear
- Jika anda meminum obat maka informasikan kepada petugas sebab beberapa obat akan mempengaruhi hasil analisis sel

5.Pengelompokan Pap Smear

Pengelompokan atau pengklasifikasian pap smear adalah sebagai berikut:
# Kelas I
pada kelas I identik dengan normal smear.Pemeriksaan ulang 1 tahun lagi.

# Kelas II
pada kelas II menunjukkan adanya infeksi ringan non spesifik ,terkadang disertai dengan kuman atau virus tertentu.Disertai pula dengan kariotik ringan.Pemeriksaan akan dilakukan  satu tahun lagi.Pengobatannya disesuaikan dengan penyebabnya.Bila ada radang bernanah maka akan dilakukan pemeriksaan ulang setelah pengobatan.

#Kelas III
Kelas III dapat ditemukan sel diaknostik sedang keradangan berat.Periksa ulang dilakukan setelah pengobatan.

#Kelas IV
Dikelas IV telah ditemukan sel-sel yang mencurigakan dan ganas

#Kelas V
Ditemukan sel-sel yang ganas.

6.Alat

Alat-alat yang diperlukan untuk pengambilan tes pap smear adalah sebagai berkut:
- Formulir konsultsi sitologi
-Spatula ayre yang dimodifikasi dan cytobrush
-Kaca benda yang satu sisinya yang telah diberi label atau tanda
-Speculum cocor bebek(gravels)kering
-Tabung berisikan larutan fiksasi alkohol 95%

7.Cara Pemeriksaan Pap Smear

Cara pemeriksaan pap smear memang agak beresiko.Sebab leher rahim berada di dalam.Namun petugas yang ahli sudah tentu dapat mengatasi hal ini.Cara pemeriksaan pap smear adalah sebagai berikut :

- Wajib megisi wadag specimen
  Ini wajib dilaksanakan sebelum memulai prosedur.Pastikan bahwa label wadah specimen diisi oleh petugas yang ada.Preparat yang akan digunakan juga diberi label yang menulis tanggal dan nama serta identitas wanita.Jangan lupa gunakanlah sapu tangan agar steril.

- Menginsersi spelulum dengan ukuran tepat
  Menginsersi speculum,visualisasi serviks dan fiksasi speculum bertujuan untuk memperoleh pajana yang diperoleh.

- Empat metode pengumpulan spesimen
1.Menempatkan ujung spatula kayu
   Tempatkanlah bagian panjang ujung spatula yang ujungnya sedikit runcing.Spatula kayu atau pengerik plastik harus mengenai dan masuk ke dalam mulut ekserna serviks.Petugas harus menekan dengan benar.

2.Mengambil spesimen kanalis servikalis dengan memutas spatula satu lingkaran penuh.Ujung kapas aplikator berujung kapas dilembabkan dengan normal saline.Menginsersi aplikator ujung kapas ke dalam saluran serviks 2 cm.Memutar hingga 360 derajat.

3.Menginsersi alat gosok sepanjang 1-2 cm ke dalam saluran serviks dan putar 90-180 derajat.
4.Menggunakan kombinasi metode .Ini dapat dilakukan dengan memasukkan spatula.Setelah itu sebarkan sel-sel pada preparat yang sudah diberi label.

- Mengumpulkan sel-sel pada spatula kayu
 Apabila sel-sel sudah dikumpulkan pada spatula kayu,tempatkan satu sisi diatas.Atau tempatkan dekat label diatas setengah bagian atas preparat.Usap 1 kali sampai ujung preparat.Setelah itu membalikkan spatula.Tempatkan sisi datar lain dekat label pada setengah bagian bawah preparat dan usap satu kali sampai ujung preparat.

- Menyemprot preparat dengan bahan fiksasi
 Bahan fiksasi dapat disemprotkan dengan menggunakan preparat.Setelah itu masukkan bahan tersebut di dalam tabung berisi larutan fiksasi.Bila fasilitas pewarnaan jauh dari tempat praktek sederhana,dapat dimasukkan dalam amplop/pembungkus yang dapat menjamin kaca sediaan tidak pecah.

- Melakukan langkah yang baik dalam menegakkan diagnosis
 Melakukan langkah yang baik dalam menegakkan diagnosis dapat dilakukan dengan pengambilan yang baik,fiksasi dan pewarnaan sediaa baik serta pengamatan mikroskopik yang cermat.

- Cara pemeriksaan Pap Smear dengan gambar
 Cara pemeriksaan pap smear memang sudah dijelaskan diatas.Namun untuk lebih jelasnya maka anda dapat melihat gambar pemeriksaan pap smear di bawah ini :



                                                              





solie

About solie -

Siap Melayani Konsultasi Masalah Kewanitaan SMS:0896.1665.14102 | 0813.2635.0313 | WA:081215499213 | BB:5799B7F9

Subscribe to this Blog via Email :

Baca Juga